Tuesday, January 6, 2015

Pesanan Tiket AirAsia Tetap Normal



JAKARTA - Musibah jatuhnya pesawat AirAsia QZ 8501 rupanya tidak mempengaruhi animo calon penumpang terhadap jasa penerbangan asal Malaysia itu.  Sejumlah konter AirAsia di Jakarta maupun Surabaya masih tampak normal. 

Seperti yang terlihat di konter AirAsia di gedung Sarinah Thamrin Jakarta Pusat maupun konter AirAsia di Plaza Tunjungan Surabaya masih lumayan ramai dikunjungi calon konsumen. Mulai dari yang sekedar menanyakan jadwal penerbangan, harga tiket, untuk booking tiket, maupun langsung melakukan pembayaran.

Beberapa pelanggan atau calon menumpang masih terlihat dan tidak ada rasa khawatir menggunakan AirAsia.

"Berdoa aja, sehingga bisa menekan rasa khawatir itu," ujar Marolop yang hendak menggunakan jasa AirAsia untuk terbang ke Balikpapan Kaltim saat ditemui di konter AirAsia di gedung Sarinah Thamrin Jakarta Pusat, Selasa (6/1).

Menurut Marolop, kalau memang faktor alam atau cuaca yang menyebabkan celakanya sebuah pesawat, maka bisa menimpa pesawat dari maskapai manapun, tak hanya AirAsia.

Senada dengannya, Hendri yang merupakan warga Darmo Surabaya mengatakan musibah kecelakaan yang menimpa QZ 8501 sangat besar kemungkinan disebabkan faktor alam, bukan karena manusianya atau kendala teknis di pesawat. Ia pun mengaku tidak was-was untuk kembali menggunakan AirAsia.
"Bukan hanya AirAsia, pesawat dari maskapai penerbangan selain AirAsia juga pernah mengalami kecelakaan. Artinya, transportasi apapun sama saja prosentase keselamatannya," terang Hendri.

Disinggung mengenai pembekuan rute AirAsia Surabaya-Singapura, memang membuat Hendri harus memilih maskapai lain selain Air Asia jika pergi ke Singapura. "Saya anggap semua pesawat saja sama. Memang biasanya saya pakai AirAsia. Cuma kalau mau ke Singapura mungkin pakai pesawat lain. Kan, katanya rute ke sana ditutup. Ya kita pilih pesawat yang ada rute ke sana saja," terang Hendri. Ia sendiri berencana ke Kuala Lumpur dengan menggunakan jasa Air Asia karena dianggap masih layak.

Sementara itu, salah satu petugas tiket AirAsia yang enggan disebutkan namanya mengatakan, pasca kejadian 10 hari lalu, memang ada dampak penurunan pembelian tiket namun hanya sehari saja. Namun, dua hari kemudian sudah kembali normal seperti hari-hari biasanya sebelum kecelakaan QZ 8501. 

"Normal-normal saja kok mas. Memang waktu kejadian dulu, ada dampak sedikit. Tapi setelah itu sudah normal kembali sampai sekarang," pungkasnya.

No comments:

Post a Comment